Home / Wisata Kab Malang / Pantai Sendang Biru Dan Pulau Sempu

Pantai Sendang Biru Dan Pulau Sempu

Pantai Sendang Biru Dan Pulau Sempu

Pantai Sendang Biru Dan Pulau Sempu

Sebagai negeri kepulauan, Indonesia dikenal memiliki banyak pantai yang memiliki potensi wisata yang indah. Salah satunya di daerah Jawa Timur, tepatnya Malang Selatan. Kota yang terkenal sebagai penghasil apel ini ternyata memiliki wisata alam berupa pantai dan pulau yang indah.

Untuk mencapai lokasi wisata bernama Pantai Sendang Biru ini harus dilalui melewati jalan yang berkelok dan butuh waktu sekitar tiga jam dari kota Malang. Rutenya: dari Malang, Anda menuju Gadang kemudian ke arah Turen. Setelah melewati Turen, arahkan kendaraan menuju Sitiarjo lalu Sumbermanjing Wetan, dan akhirnya Sendang Biru. Medan yang akan dilalui agak berat terutama bagi yang belum terbiasa melewati daerah perbukitan. Pengemudi juga perlu kewaspadaan ekstra karena di jalur ini akan sering dijumpai truk-truk besar seperti pengangkut batu kapur dan ikan.

Sampai di Sendang Biru, Anda bisa menikmati pemandangan yang terhampar sembari menikmati penganan khas berupa ikan bakar sebelum melanjutkan perjalanan ke Pulau Sempu. Pulau Sempu termasuk kategori cagar alam yang dilindungi sehingga untuk masuk ke sana, Anda harus mengurus perijinan dulu ke pos perhutani setempat. Jika Anda berniat menginap atau camping di pulau itu, Anda akan dikenai biaya sebesar Rp 60.000,00. Namun, jika tidak akan menginap, biaya yang dikeluarkan bersifat sukarela.

Untuk menyeberang ke Pulau Sempu, Anda harus menyewa perahu nelayan bertarif maksimal sebesar Rp 100.000,00. Sebelum merapat ke pesisir utara Pulau Sempu, Anda akan diajak berkeliling selat. Air yang begitu jernih akan Anda temui di sini. Begitu pula saat sudah sampai di Pulau Sempu. Pepohonan yang hijau, pasir putih, dan air yang jernih sanggup membuat siapapun yang datang ke sini akan merasa betah. Jika sempat, kunjungi pula Segara Anakan dan Danau Lele yang terkenal dengan pemandangannya yang elok.

Namun jika Anda menuju Segara Anakan lepas hujan, makan Anda bakal dihadapkan pada jalur yang ekstra berat. Licinnya jalan menanjak dan menurun berhiaskan kubangan lumpur butuh perjuangan tersendiri untuk mengatasinya. Jarak sekitar 2 km yang biasanya memakan waktu waktu 30 menit, terpaksa ditempuh dalam waktu hingga 2 jam lebih. Namun semua kelelahan akan terbayarkan setelah Anda melihat pesona Segara Anakan. Birunya danau alam yang terbentuk dari siraman air laut yang berasal dari lubang di sisi tebing membuat danau berada di tepi samudera Indonesia ini sangat tenang. Putihnya hamparan pasir tak ayal membuat orang tertarik untuk berkemah di sini.

Kembali ke Pantai Sendang Biru, Anda bisa beristirahat sejenak sebelum meninggalkan pantai yang asri ini. Jika lapar, Anda bisa berpiknik bersama keluarga di tepi pantai dengan pohon-pohon yang rindang ini. Ingin membawa oleh-oleh yang segar? Sempatkan mengunjungi pasar ikan untuk mendapatkan ikan tuna yang segar.

Pantai dan Pulau ini masih belum banyak dijamah orang sehingga masih begitu asri. Mari bersama kita jaga keindahan pantai-pantai di Indonesia agar tetap menjadi potensi wisata yang memikat kedatangan turis, baik lokal maupun asing.

Scroll To Top
free web page hit counter